Selasa, 13 Juli 2010

Piala Dunia = Membosankan

2010 tahun dimana untuk pertama kali nya benua afrika menghelat pesta sepak bola terbesar di dunia..
pesta yang luar biasa dan bisa dikatakan sukses,,dengan bnyak nya jumlah penonton,,bising nya stadion karna bunyi terompet plastik buatan cina (vuvuzela) dan kejutan2 yang benar2 ta terprediksi sebelum nya..
namun sedikit keprihatinan dari diri saya sendiri di piala dunia 2010,,entah ini nama nya kemajuan atau kah kemunduran di dunia sepak bola itu sendiri..banyak nya permainan monoton dan sngat2 pragmatis yang disajikan oleh tim2 yang hadir di 2010 ini..cara bermain sperti ini tidak hanya disajikan oleh2 tim2 underdog saja namun tim2 yang punya pemain,,sejarah dan kualitas mumpuni pun ikut mempraktek kan cara permain yang hanya mengejar kemanangan tanpa sedikit pun unsur hiburan dan menarik untuk ditonton..
minim gol,,dan hanya sedikit saja pola2 serangan yang dapat membuat penonton berdecak kagum dan merasa puas setalah menonton pertandingan2 itu..ta terlihat lagi jogo bonito nya brasil,,tarian samba eropa portugal,,maupun total football nya belanda,,semua berubah menjadi menumpuk banyak pemain di tengah dan satu orang penyarang dengan alasan untuk menjaga keseimbangan tim dan lalu berharap pada "KEBERUNTUNGAN" ( yang kata komentator RCTI dikasi nama "SERANGAN BALIK CEPAT”). Inggris yang katanya kehilangan semangat,,argentina yang tanpa skema (hanya mengandalkan skil individu pemain bintang nya),,dan permainan salah satu finalis nya spanyol yang bermain seperti barcelona yang kehilangan messi,hanya bisa memutar2 bola di tengah dan tidak tau kapan waktu untuk masuk ke dalam kotak penalti lawan. Jerman pun yang digadang2 akan mampu juara dengan mempertontonkan permain indah pun ta dapat berbuat banyak,,bermain anti klimaks di semifinal dan kehilangan jati diri nya yang di perlihatkan pada pertandingan2 sbelum nya,,apa kah ini salah nya PAUL??? (gurita songong yang mau jadi dukun) hehehehehe...
belom lepas dari pragmatis dan mononton permainan para kontestan piala dunia 2010,,masalah lain nya pun muncul,,para pemain official dan suporter pun sibuk mencari kambing hitam yang akan disalahkan saat tim nya ta dapat menuai hasil terbaik..kata nya vuvuzela yang terlalu berisik,,bola nya yang ringan kayak balon lah,,ato alasan klasik wasit nya yang bego.. itu semua alsan2 yang sering terdengar selama event ini berlangsung. Benar2 mengada2 (pendapat pribadi)..
vuvuzela yang terlalu berisik??coba pemain2 yang mengeluh kan ini suruh aja main catur biar lebih tenang dan mungkin bisa menang..bola yang kayak balon?? Ini alasan yang sering di lontarkan beberapa penjaga gawang,,dan termasuk penjaga gawang ternama sekalipun..benar2 aneh,,saat bola yang dipergunakan sama ko masih ada yang mengeluh kan bola..iker casilas (penjaga gawang favorit saya) yang paling vokal mengkritik bola ini memang benar2 blum bisa menunjukan kualitas nya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik dunia..namun kenapa penjaga gawang timnas korea utara yang baru saya tau saat piala dunia ini berlangsung dan sampai sekarang pun saya ta tahu nama nya,bisa melakukan lebih dari 20 kali save walopun harus jebol 7 kali oleh pemain2 portugal. Kenapa eduardo (kiper timnas portugal) bisa tampil heroik dengan hanya kejebolan 1 kali selama piala dunia berlangsung,,walupun satu gol itu cukup untuk memulangkan portugal dari afrika selatan. Jadi bola nya yang salah atau memang mereka yang mencari alasan saja??..kesalahan wasit?? Karena alasan ini fifa berpikir untuk menggunakan video rekaman atau wasit tambahan..untuk penggunaan video saya adalah salah satu orang yang tidak setuju. Sepakbola adalah olahraga manusia,,tidak ada yang pasti dan slalu benar di sepakbola,,kesalahan2 yang terjadi selama pertandingan adalah cerita lain di sepakbola selain kemenangan dan kekalahan itu sendiri. Tim pun ta berteriak2 melancar protes saat tim nya di untungkan oleh kesalahan tersebut berbeda hal apabila mereka yang dirugikan. Jadi menurut saya pribadi biarakan lah sepakbola tetap menjadi olahraga manusia. Wasit tambahan?? Ga ada salah nya,,tapi hati2 kalo masih aja salah bisa aja ntar ada 22 wasit yang memantau pertandingan,,1 orang 1 wasit ( ide gila n bodoh)..
tapi itu lah sepakbola dan piala dunia,,walopun membosan kan dan terkesan pragmatis tapi tetap dinantikan jutaan pasang mata di seluruh dunia..akan selalu ada cerita2 baru selain bola yang bergulir itu sendiri. Mungkin kekecewaan ini lebih kepada ironi saat melihat 32 kontestan piala dunia 2010 tidak ada satu pun yang berwarna MERAH-PUTIH (INDONESIA)..
beberpa hari lagi afrika selatan akan menutup pesta nya,,apakah di pertandingan puncak bisa menyajikan permainan yang memang layak di katakan final piala dunia. Tanpa peduli siapa juara nya marilah kita berharap mendapatkan piala dunia itu kembali saat pertandingan terkahir itu di gelar.
Cukup lah,,ampe ketemu lagi di brazil 2014,,semoga saat itu ada indonesia dan kemajuan yang benar2 maju di sepak bola sehingga sepakbola bisa kembali menjadi hiburan..
wassalam

3 komentar: